RH 17 Oct 2012

WAKTU dan PROSES

Bacaan: Pengkhotbah 3:1-14

Di ayat 1 mengatakan, untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya.

Dan ayat 11 mengatakan bahwa Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir.

Segala sesuatu ada waktunya, artinya ada proses-proses pertumbuhan dan pendewasaan yang harus dilalui. Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya.
Segala sesuatu menjadi tidak indah kalau bukan waktunya. Ijinkan Tuhan turut campur tangan (intervention) dalam waktu-waktu alami dan keseharian yang kita jalankan.

Kesalahan terbesar kita adalah ga sabaran, maunya instan, maunya terlalu cepat. Kesalahan lain adalah menunda-nunda bahkan ada yang melarikan diri dari proses.

Proses yang tepat menghasilkan hasil yang bagus. Seorang pembuat roti atau kue mengerti bahwa untuk memanggang roti atau kue bukan hanya bergantung kepada bahan yang bagus, tetapi perlu pengelolaan dan proses yang tepat. Perlu api (panas) yang pas dan juga waktu yang tepat. Kalau tidak pas, maka roti atau kue yang dihasilkan tidak enak. Proses menentukan nilai.

Mari ijinkan Tuhan turut campur tangan dalam kehidupan kita. Dia lebih mengerti segala sesuatu. Sebagai manusia yang terbatas, kita tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir. Dia lebih tahu, Dia mahatahu. Dia tahu yang terbaik untuk kita. Mari senantiasa berjalan bersamaNya, dengarkan suara dan tuntunanNya dalam keseharian kita. Amin. @eddychangfgcc


Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture