RH 13 Oct 2012

KARENA DISERTAI TUHAN

Bacaan: Yosua 3:1-17

Dari pembacaan bagian ini, kita bisa melihat betapa dasyatnya Tuhan menuntun bangsa Israel di bawah kepemimpinan Yosua untuk menyeberang sungai Yordan masuk tanah Kanaan. Ketika para imam yang mengangkut tabut perjanjian menginjakkan kakinya di sungai Yordan, maka air sungai itu terputus; air yang turun dari hulu berhenti mengalir menjadi bendungan. Dan seluruh bangsa Israel bisa menyeberang ke tanah Kanaan. Kita juga bisa melihat bagaimana Yosua dipakai Tuhan untuk menjadi pemimpin yang peka akan suara Tuhan dan bisa menyampaikan perintah Tuhan dengan tepat kepada para imam untuk mengangkut tabut perjanjian Tuhan untuk berjalan di depan sampai tepi sungai Yordan. Tabut perjanjian melambangkan kehadiran Tuhan di tengah-tengah umatNya, dan yang di dalamnya berisikan kedua loh batu yang ditulisi kesepuluh hukum (ten commandments).

Di ayat 7 menuliskan: Dan TUHAN berfirman kepada Yosua: " Pada hari inilah Aku mulai membesarkan namamu di mata seluruh orang Israel, supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku menyertai Musa, demikianlah Aku akan menyertai engkau".

Di sini saya belajar bahwa Tuhan yang membesarkan nama Yosua di mata seluruh orang Israel. Kebesaran nama seperti apa yang dimaksud? "Supaya supaya mereka tahu, bahwa seperti dahulu Aku MENYERTAI Musa, demikianlah Aku akan MENYERTAI engkau".

Dengan kata lain, kalau bukan karena penyertaan Tuhan, tidak mungkin nama Yosua menjadi besar dan punya pengaruh dan kuasa untuk bisa memimpin bangsa Israel, sebuah bangsa yang tidak mudah untuk dipimpin. Yosua mengalami hal-hal ajaib yang mengeringi kepemimpinannya karena disertai Tuhan. Maukah kita memberikan diri disertai oleh Tuhan untuk membawa keluarga kita, dan segenap orang yang Tuhan percayakan kepada kita untuk masuk tanah perjanjian (Promised Land). What do you think friends? @eddychangfgcc

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture