RH 16 Oct 2012

From "Saul to Paul"

Bacaan: Kis 9:1-31

Kis 9:15 Tetapi firman Tuhan kepadanya: " Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi- Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa- bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.
16 Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku."

Kisah perjumpaan Paulus dengan Tuhan dan bagaimana pertobatannya yang sangat radikal sungguh merupakan kesaksian yang sangat luarbiasa.
Paulus seorang yang begitu menakutkan bagi orang-orang kristen di zaman gereja mula-mula, seorang yang dulunya menganiaya jemaat Tuhan dan berusaha membinasakannya. Namun perjumpaannya dengan Tuhan mengubah hidupnya 180 derajat. Bahkan pada awalnya banyak yang meragukan pertobatannya.

Dulu namanya adalah SAULUS. Saulus yang artinya seorang yang diinginkan ("desired"), berubah namanya menjadi PAULUS. Cerita pertobatan Saulus tertulis di pasal 9. Kata Paulus baru muncul di Kis 13:9. Paulus yang arti namanya kecil atau sedikit ("small or little") tetapi kehadiran dan kuasa Tuhan dalam dirinya begitu besar. Paulus adalah rasul yang punya pengaruh begitu besar dalam perkembangan injil seterusnya di zaman gereja mula-mula. Kapasitas pelayanan begitu besar sampai ke asia kecil dan eropa. Dan Paulus juga adalah penulis sebagian besar dari perjanjian baru.

Dari cerita tentang Paulus ini saya belajar bahwa TUHAN berkuasa, tidak ada yang mustahil baginya. TUHAN mengasihi setiap orang dan punya rencana yang begitu mulia. Di dunia ini ada banyak "Saulus-Saulus". Berjumpaan mereka dengan Yesus akan mengubah hidup mereka menjadi "Paulus-Paulus" di akhir zaman. Do you believe it? Let's move on!

@eddychangfgcc


Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture