REMINDER
#ISCFvalues

Perkenalkan nama saya Eddy Chang. Saya rasa saya sudah cukup senior di futsal ini, karena sudah 13 tahun di Malaysia :)  - tertanggal 17 Oct 2013 -  Sudah cukup banyak pertandingan yang saya ikuti dan cukup banyak piala dan medali yang dikoleksi (bukan sombong, namun hanya sekedar informasi tentang pengalaman yang sudah cukup lumayan di dunia perfutsalan :).


Kalau ditanya tentang angkatan (batch), sebenarnya saya agak sulit menyebutkanya, karena saya merasa bahwa saya ada di setiap angkatan :)

Sebagai seorang yang suka futsal dan sudah cukup lama main futsal khususnya bersama ISCF, saya banyak mengamati tentang prilaku anak-anak yang suka main futsal ini. Saya mengamati perubahan-perubahan apa yang positif yang mereka alami, khususnya sejak bergabung dengan tim ISCF.

Saya mau sharing tentang beberapa alasan mengapa saya main futsal.
Pertama, karena saya hobby main futsal. Bagi saya, futsal selain olahraga, ini juga sarana untuk refreshing. Saya menikmati olahraga futsal dan saya bisa melupakan ‘sejenak’ pekerjaan-pekerjaan serta tanggungjawab saya yang tidak sedikit.

Kedua, melalui futsal saya bisa berteman dengan banyak orang. Dengan banyak teman artinya kita bisa memiliki jaringan (net working) yang semakin luas. Oleh sebab itu penting untuk kita sadari bahwa main futsal adalah untuk cari teman, bukan cari musuh. Sulit utk berteman dgn seseorang dalam kehidupan & ber 'net working' kalau pernah bermusuhan cukup serius dengannya di lapangan. Kalau mereka tidak damai kembali, maka ‘luka’ dan permusuhan tersebut akan terus terbawa (saya sudah menyaksikan beberapa orang seperti ini).

Dan ketiga, mengapa saya main futsal (bersama ISCF) adalah karena banyak pelajaran-pelajaran berharga dan nilai-nilai kehidupan yang kita bisa dapatkan. Ini mendukung perubahan karakter kita. Dulunya kalau kita mudah ‘panas’, marah dan suka berantem, melalui tim yang memiliki value yang benar ini, maka kita juga mengalami perubahan. Kita mulai lebih bisa sabar, kita bisa lebih menahan diri.
Saya sendiri banyak sekali dibentuk dan didewasakan sejak bergabung dengan tim ISCF (khususnya bersama teman-teman saya ISCF Legend :). Melalui futsal, kita bisa belajar untuk tidak sombong kalau menang. Kalau kalah, kita bisa menerima kekalahan sekaligus tidak perlu berkecil hati. Melalui futsal (di ISCF), kita belajar untuk di rotasi. Kita bisa main sebagai satu keluarga dan team dengan susunan pemain seperti apapun. Kita bisa saling percaya, saling menutupi satu dengan lain. Kita belajar untuk saling memberi semangat satu dengan lainnya.

Sangat disayangkan kalau kita sudah begitu lama bermain futsal (khususnya bersama ISCF) namun kita tidak mengalami perubahan apa-apa. Suka ga suka, sadar ga sadar, karaktermu yg sebenarnya akan terlihat dari cara main, sikap & responmu saat di lapangan. Btw, karakter adalah siapa dirimu saat tertekan - banyak tekanan saat dalam pertandingan futsal. Perlu untuk kita terus melatih karakter kita untuk punya sikap dan respon yang benar di lapangan. Gimana respon kalau kita dikasari. Gimana respon kita kalau teman2 kita mainnya kurang bagus. Gimana respon kita kalau wasit kurang adil. Gimana respon kita kalau kita kalah dsb. Sebenarnya di lapangan futsal ini, kita juga akan semakin dikenal seperti apa reputasi kita. Seorang bos tentunya akan mikir-mikir untuk mempekerjakan orang yang temperamennya suka panas, meledak-ledak, dan suka berantem. Think about it.

Dan ada satu lagi hal yang penting yang perlu kita ingat bahwa perubahan karakter dan berteman tersebut lebih penting daripada piala dan medali. Untuk skala kita ini, medali dan piala yang kita terima tidak menunjang CV kita. Kita tidak bisa attach prestasi kita di futsal ini dalam CV ketika kita mengajukan lamaran kerja. Kalau certificate seperti charity, committee dsb bisa kita tambahkan dalam CV kita.

Ini yang menjadi doa saya, kiranya melalui futsal kita semakin banyak teman. Dan melalui futsal kita mengalami perubahan karakter. Ingat pesan penting ini: "Menjadi juara dalam pertandingan futsal adalah hal yang bagus, namun menjadi juara dalam kehidupan adalah hal yang lebih penting". 
Menang dalam menghadapi segala challenge di sekolah, di pekerjaan, di dunia kerja dan terus mampu untuk jadi berkat.

Selamat untuk menjadi juara sejati. Juara yang sebenarnya adalah saat kita bisa menang atas diri kita, bisa mengendalikan diri dan respon kita dan bisa jadi berkat.


QUOTE:
  • Sulit utk berteman dgn seseorg dlm kehidupan & ber 'net working' klu pernah bermusuhan cukup serius di lapangan. #ISCFvalues
  • Suka ga suka, sadar ga sadar, karaktermu yg sebenarnya terlihat dari cara main, sikap & responmu saat dilapangan. #ISCFvalues #Change
  • Perubahan karakter & berteman lebih penting daripada piala & medali. #ISCFvalues #ISCFcup2013
  • Main futsal cari temen bukan cari musuh #ISCFvalues #ISCFcup2013
  • Menjadi juara dalam kehidupan lebih penting daripada menjadi juara dalam sebuah pertandingan / kejuaraan. #ISCF2015 29 April 2015



Salam olahraga. Salam perubahan & kemajuan.

From: Eddy Chang


ISCF Founder & Advisor

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture