RH 3 Nov 2012

TUHAN MENYERTAI & MEMBUAT BERHASIL

Kej 39:1-23

Cerita kehidupan Yusuf adalah salah satu cerita yang sangat disukai, dan sering diangkat, khususnya kalau berbicara tentang seorang anak muda yang luarbiasa.

Yusuf memiliki kualitas-kualitas yang berbeda dibandingkan anak-anak muda pada umumnya apalagi di zaman sekarang. Yusuf adalah seorang budak, namun dia memiliki sikap yang manis dan juga memiliki paras yang elok (ganteng, tampan, handsome), dan bahkan istri sang majikan berhari-hari menggoda Yusuf untuk tidur dengan dia. Potifar sang majikan adalah pegawai istana Firaun, kepala pengawal raja.

Namun Yusuf menjaga kehidupan dan kekudusannya, "Bagaimanakah mungkin aku melakukan kejahatan yang besar ini dan berbuat dosa terhadap Allah? " (Ay 9). Dan tibalah di hari di mana saat tidak ada orang lain di rumah, istri Potifar memaksa Yusuf untuk tidur dengannya dan Yusuf menolak, dan kemudian menyebabkan Yusuf difitnah dan dimasukkan dalam penjara. Keberanian Yusuf menolak dosa begitu beresiko dan menyebabkan dia difitnah dan dimasukkan dalam penjara. Namun Yusuf memilih untuk tidak kompromi, dan senantiasa hidup benar di hadapan Allah.

Ketika saya membaca dan  merenungkan kehidupan Yusuf, selain dia memiliki sikap yang manis dan paras yang elok, namun di atas semuanya itu karena Yusuf memiliki kehidupan yang takut akan Tuhan. Tuhan menyertai Yusuf dan membuat semua yang Yusuf lakukan berhasil (ay 2, 21, 23). Yusuf menjadi seorang yang berhasil, baik saat dia menjadi budak di rumah Potifar, saat dia dalam penjara, dan kemudian ketika Tuhan angkat dia menjadi seorang perdana menteri di Mesir!

Mari hari ini kita belajar dari kehidupan Yusuf yang selalu bergantung kepadaNya. Di luar Tuhan, kita tidak bisa melakukan apa-apa.

Hava a blessed and productive Saturday!

@eddychangfgcc

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture