RENUNGAN HARIAN 7 May 2013

Kalau kita mendengar kata terikat (addicted) kebanyakan dari kita berpikir tentang seseorang yang terikat dengan rokok, obat-obatan, games dan berbagai kebiasaan buruk lainnya. Namun ada banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka sedang terikat dan terpenjara dengan dendam, kemalasan, kemarahan, pemikiran negatif, kegagalan masa lalu, kesedihan,  ketidakpengampunan dsb. Mereka yang terikat artinya tidak bisa bebas untuk berkarya. Bagaimana lepas dari setiap ikatan tersebut? Yaitu datang kepada Yesus dan ikatkan diri (melekat) padaNya senantiasa. Yesus datang untuk membebaskan orang-orang yang tertawan.

Lepas dari Yesus membuat kita terikat kepada dosa. Terikat pada Yesus membuat kita menang atas segala dosa.

Luk 4:18 " Roh Tuhan ada pada- Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang- orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang- orang tawanan, dan penglihatan bagi orang- orang buta, untuk membebaskan orang- orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang. "


6 May 2013
Setiap hari yang kita lalui ada puluhan bahkan mungkin ratusan orang yang kita temui, mulai dari keluarga kita atau room mate, house mate, dikantor, di gereja dsb.
Bukan kebetulan kalau kita bisa bertemu dengan mereka. Mungkin pertemuan kita dengan orang-orang ini waktunya kadang-kadang tidak banyak. Dan kalau kita rindu jadi berkat bagi mereka, perhatikan sikap dan kata-kata kita.
Setiap kata-kata dan kalimat yang kita ucapkan bisa meruntuhkan semangat mereka, melukai mereka bahkan bisa meruntuhkan hidup mereka. Namun sebaliknya, satu kalimat yang kita ucapkan bisa membangkitkan semangat mereka dan membangun hidup mereka. Pilihan ditangan kita. Jangan sia-siakan kesempatan yang Tuhan berikan untuk kita saling menasihati (menghibur) dan membangun (menguatkan).

1 Tes 5:11 Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.

Therefore encourage (admonish, exhort) one another and edify (strengthen and build up) one another, just as you are doing. (Amp)


5 May 2013
1 Petrus 1:6-7 " Bergembiralah akan hal Itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu yg jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yg fana, yg diuji kemurniannya dgn api sehingga kamu memperoleh puji pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan Dirinya.

Seperti logam emas yang perlu dimurnikan dari berbagai logam/benda lain melalui api, sama halnya, ujian yang Tuhan ijinkan bertujuan untuk membersihkan hidup kita dari hal-hal yang tidak berkenan. Sampah-sampah itu menghambat, sampah-sampah membusukkan, sampah-sampah dapat menghancurkan hidup kita.
Tuhan mau membersihkan kita sehingga menghasilkan IMAN YANG MURNI. Apakah kita siap?


4 May 2013
2 Kor 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Identitas diri yang salah menyebabkan cara pandang yang salah terhadap diri sendiri yang menyebabkan sikap dan tindakan-tindakan yang salah. Identitas yang salah menyebabkan seseorang mudah tertipu, mudah tergoyahkan, mudah dikalahkan. "Dalam Kristus" adalah titik balik perubahan identitas, sehingga kita menjadi ciptaan baru dengan benih yang baru yaitu benih ilahi yang menyebabkan kita bisa menghasilkan pohon dan buah yang baru.


2 May 2013
"Latihan badani terbatas gunanya, tetapi ibadah itu berguna dalam segala hal, karena mengandung janji, baik utk hidup ini maupun utk hidup yg akan datang." (1 Timotius 4:8)

Kesehatan dan kekuatan jasmani / fisik sangat penting, namun kesehatan dan kekuatan rohani jauh lebih penting dan sifatnya kekal!
Ibadah adalah latihan-latihan rohani. Ibadah adalah sarana/kegiatan apapun untuk mendekat kepadaNya, semakin mengenalNya dan semakin menyerupai sifat-sifatNya (rendah hati, penuh kasih, kudus, setia, lemah lembut, murah hati dsb). Mari latih diri kita beribadah.


1 May 2013
Ada banyak orang menjadi kecewa jika mereka setelah memberi dan melayani namun tidak dapat pujian, penghargaan, ucapan terimakasih dsb.
Namun berbeda dengan seseorang yang melakukan semuanya karena berasal dari kepenuhannya, karena ia ingin jadi berkat. Hidupnya penuh dengan kasih Allah, maka dia melakukan semuanya dengan kasih dan penuh sukacita, tanpa mengharapkan balasan apa2. Apa tujuan dan motivasimu dalam memberi dan melayani?

Kis 20:35 "Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima."

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture