12 May 2013

Markus 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
He said to them, “Go everywhere in the world and tell the Good News to everyone. (ERV)

Injil adalah kabar yang baik bagi semua orang, yaitu bahwa melalui Kristus, maka semua manusia yang telah berdosa dapat diselamatkan, diubahkan, diperbaharui dan dapat dipakai olehNya bagi kemuliaanNya. Jadi Injil adalah berita baik dan berita pengharapan tentang Kristus dan tentang kesaksian hidup manusia yang telah diubahkan. Yesus telah memberikan tugas pemberitaan Injil bagi setiap kita. Ketika Yesus naik ke surga, Yesus memberikan Amanat Agung. Dan murid-muridnya segera pergi memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya (Markus 16:19,20). Dunia sekitar kita adalah dunia yang begitu negative, penuh dengan pertikaian dan keputusasaan, namun Injil adalah kabar baik yang perlu didengar oleh setiap orang. Yesus adalah jawaban bagi dunia! Yesus adalah cahaya pengharapan!


11 May 2013

Di sekitar kita ada begitu banyak orang-orang yang perlu dikasihi dan dilayani. Kadang di balik senyuman, candaan dan tawa mereka mengandung duka yang dalam dan keputusasaan. Kita tidak dipanggil Tuhan menjadi 'hakim atau polisi' yang suka cari-cari kesalahan orang (padahal kita sendiri masih begitu banyak kesalahannya), kita dipanggil Tuhan untuk menjadi kakak-kakak rohani bagi mereka. Dunia ini memerlukan orang-orang yang peduli (care). Mari gunakan setiap kesempatan yang ada untuk saling membangun dan menguatkan, bukan saling mengutuk dan menjatuhkan. Mari jadi berkat dan menangkan hati mereka melalui senyuman, kata-kata yang memotivasi dan nasihat yang membangun serta kebenaran yang disampaikan dengan lembut tetapi tegas.

1 Tim 1:5 Tujuan nasihat itu ialah kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas.


10 May 2013

"Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke surga” (Kis 1:11).

Malaikat harus "menyadarkan" murid-murid yang begitu terpesona menyaksikan Yesus naik ke surga. Sebagai murid-muridNya, kita diberikan tugas untuk melanjutkan amanat agung untuk memberitakan Injil, dan menjadikan semua bangsa muridNya. Kita dipanggil untuk memberitakan berita sukacita atau kabar baik (gospel). Dalam menjalankan tugas mulia ini, kita tidak berjuang sendirian, namun Dia mencurahkan Roh Kudus bagi setiap orang percaya, sehingga kita sanggup menjadi saksiNya.
Pada suatu hari nanti Yesus yang telah naik ke surga akan datang kembali untuk menjemput kita hamba-hambaNya yang baik dan setia, yaitu mereka yang senantiasa melakukan kehendakNya.


9 May 2013

Matius 23:2 "Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi telah menduduki kursi Musa. Sebab itu TURUTILAH dan LAKUKAN segala sesuatu yang mereka AJARKAN kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti PERBUATAN-PERBUATAN mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya.

Yesus begitu sering menegur ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi yang munafik, di mana semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang (ayat 5). Mereka sering menjadi batu sandungan. Namun Yesus mengajarkan juga bahwa kita perlu punya hati yang bisa belajar dari siapapun, sekalipun kehidupan sang pengajar tidak pantas kita ikuti. Tentu saja sebagai pengajar, mereka punya tanggungjawab yg lebih besar di hadapan Tuhan, namun bukan hak/bagian kita untuk menghakimi. Hanya Tuhan yang layak jadi hakim untuk dan atas semua orang dan ingat bahwa hidup ini belum final. Tidak ada untungnya sama sekali untuk kita jadi hakim! Bagian kita adalah memelihara hati yang mau belajar, dan kita bisa belajar dari siapa saja. "We can learn from the good, the bad and the ugly".

Mari pagi ini kita stop untuk jadi hakim (sebab kita juga akan dihakimi Tuhan), dan mari kita putuskan untuk jadi seorang murid yang mau senantiasa belajar, berubah dan taat melakukan kehendakNya sehingga hidup kita semakin berkenan kepadaNya. Amin.

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture