Wednesday 12 June 2013 #Generosity

Markus 6:41 Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka.

Ketika Yesus melakukan mujizat mengenyangkan lebih dari 5000 orang, itu berasal dari 5 roti 2 ikan yang dimiliki oleh seorang anak kecil. Yesus menyuruh orang banyak itu duduk berkelompok-kelompok, ada yang seratus, ada yang lima puluh orang. Dan multiplikasi itu tidak hanya terjadi di tangan Yesus, tetapi juga melalui murid-muridNya dan orang-orang yang mau terus mengalirkan berkat itu sehingga bisa dinikmati oleh semua orang dan bahkan ada sisa 12 bakul! Bayangkan kalau murid-muridNya atau mereka yang ditunjuk untuk membantu membagi roti dan ikan itu adalah orang-orang yang egois dan mementingkan diri sendiri, maka mujizat itu bisa berhenti mengalir dan banyak orang yang kelaparan tidak mendapat makanan. Apa jadinya kalau dunia ini dipenuhi orang-orang yang serakah yang hanya mementingkan diri sendiri. Mahatma Gandhi pernah berkata: “Dunia ini senantiasa dapat mencukupi kebutuhan setiap orang, tetapi tak akan bisa mencukupi keserakahan setiap orang”.
Mari kiranya kita semua menjadi orang yang dapat dipercaya untuk terus mengalirkan berkat Tuhan ke tempat-tempat yang membutuhkan. Amin.
@eddychangfgcc


Tuesday 11 June 2013 #Generosity

Kis 20:35 Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima."

Kalau kita menerima hadiah, maka kita pasti akan berbahagia dan bersukacita. Namun Alkitab juga mengajarkan bahwa ketika kita memberi, maka kita akan LEBIH BERBAHAGIA. Ada sukacita dan kepuasaan tersendiri kalau kita memiliki gaya hidup berbagi. Kita akan merasa bahwa hidup kita lebih berarti. Kalau selama ini kita tahu bahwa kita punya banyak kelebihan, kita tahu bahwa kita sebetulnya kaya di hadapan Tuhan, tetapi kita masih merasa kurang berbahagia, mungkin ini saatnya untuk kita lebih lagi hidup berbagi. Berbagi bisa banyak bentuknya. Apakah itu berbagi keuangan, perhatian, kasih, dorongan, kata-kata yang membangkitkan semangat, berbagi waktu, pelayanan dsb. Sir Winston Churchill mengatakan: “We make a living by what we get, we make a life by what we give”.  What do you think friends?
@eddychangfgcc


Monday 10 June 2013 #Generosity

Amsal 11:25 Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.


Ayat di atas mengatakan bahwa kemurahan hati itu mendahului kekayaan atau kelimpahan. Bukannya terbalik. Bukannya jadi kaya dulu baru murah hati. Orang yang murah hati yang senantiasa menabur, maka dia akan menuai berkat-berkat yang luarbiasa. Ada banyak orang yang berterimakasih kepadanya dan mendoakan dia supaya dia lebih lagi diberkati. Jangan pernah meremehkan gaya hidup yang murah hati. Tuhan tidak pernah berhutang, Dia pasti akan memberkati kita dengan caraNya dan waktuNya. Orang yang rajin berbagi, maka dunianya akan semakin luas. Amin.
@eddychangfgcc


Sunday 9 June 2013 #Generosity

2 Kor 9:10 Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu;

For God is the one who gives seed to the farmer and then bread to eat. In the same way, he will give you many opportunities to do good, and he will produce a great harvest of generosity in you. (NLT)

Kita musti bisa membedakan mana roti yang kita makan dan benih yang perlu kita tabur. Benih kalau tidak ditabur, akan menjadi busuk dan tidak akan jadi apa-apa, tidak akan ada pertumbuhan dan buah.
Tuhan banyak kasih benih di tangan kita untuk kita taburkan. Benih itu bukan hanya bicara tentang uang atau harta, tetapi bisa berupa waktu, kasih, perhatian, tenaga, doa-doa, kata-kata yang membangun dsb. Remember this: Your gift may leave your hand, but never leave your life. Tuhan memberkati kita semua.
@eddychangfgcc


Saturday 8 June 2013 #Generosity

2 Kor 8:2 Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan.
3 Aku bersaksi, bahwa mereka telah memberikan menurut kemampuan mereka, bahkan melampaui kemampuan mereka.

In the midst of a very severe trial, their overflowing joy and their extreme poverty welled up in rich generosity. (NIV)

Jemaat makedonia adalah jemaat yang menjadi teladan dalam kemurahan hati, karena walaupun mereka mengalami banyak penderitaan dan juga sangat miskin namun itu semua tidak menghalangi mereka untuk murah hati. Ternyata kondisi apapun tidak menghalangi kita untuk menjadi seorang yang murah hati. Namun ada orang yang begitu banyak harta, namun hidupnya tetap ‘miskin’ dan ‘kekurangan’. Karena kekayaan atau kemiskinan yang sebenarnya bukannya berbicara tentang banyak sedikitnya harta, tetapi lebih bicara tentang mental. Jemaat di Makedonia mendapat pujian dari Paulus, dan tercatat di Alkitab sebagai jemaat yang telah menjadi teladan dalam kemurahan hati. What do you think friends?
@eddychangfgcc


Friday 7 June 2013 #Generosity

Amsal 11:24 Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.

The world of the generous gets larger and larger; the world of the stingy gets smaller and smaller. (Msg)

Tuhan mengajarkan kita bahwa di tengah dunia yang egois dan mementingkan diri sendiri ini, kita tetap diminta untuk menjadi seorang yang murah hati (generous), seorang yang punya hati berbagi. Dan Alkitab mengatakan bahwa ketika kita menjadi seorang yang murah hati, maka dunia kita semakin luas. Namun dunia orang yang pelit (kikir) akan semakin sempit. Ingat bahwa setiap benih dan pemberian kita bisa saja meninggalkan tangan kita, tetapi itu tidak akan pernah meninggalkan hidup kita. Tuhan akan memberkati kita dengan caranya dan waktunya.

1.       Apakah engkau dikenal sebagai seorang yang murah hati (generous).
2.       Apakah yang menjadi penghalangmu selama ini untuk engkau menjadi seorang yang murah hati (generous).
3.       Keputusan dan komitmen apa yang engkau mau ambil hari ini?

@eddychangfgcc


Thursday 6 June 2013 #Forgiveness
Bacaan: Matius 18:21-35

32 Raja itu menyuruh memanggil orang itu dan berkata kepadanya: Hai hamba yang jahat, seluruh hutangmu telah kuhapuskan karena engkau memohonkannya kepadaku.
33 Bukankah engkaupun harus mengasihani kawanmu seperti aku telah mengasihani engkau?

Perumpamaan ini diberikan Yesus untuk menjawab Petrus yang bertanya kepadaNya tentang berapa kali harus memberikan pengampunan kepada seseorang yang berbuat dosa kepadanya. Dan dari perumpamaan yang Yesus berikan, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kalau kita sendiri sadar bahwa dosa kita yang begitu besar (seperti hamba yang berhutang sepuluh ribu talenta) sudah diampuni maka kita seharusnya bisa mengampuni orang yang berbuat salah (hanya berhutang seratus dinar) kepada kita berapa kalipun dia melakukannya. Ketika kita gagal memberikan pengampunan, maka “algojo-algojo” akan terus “menyiksa” kita sampai kita bisa melunasi hutang kita. Ketika kita tidak memberikan pengampunan, maka hidup kita selama-lamanya akan tersiksa karena kita tidak mungkin melunasi hutang kita yang terlalu besar. Betapa penting dan dasyatnya arti pengampunan.
@eddychangfgcc


Wednesday 5 June 2013 #LovingHim
Keluaran 20:3-4
3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan- Ku.
4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Sebenarnya segala bentuk dosa, kebiasaan buruk, keterikatan dengan games,  pornografi,  kepercayaan-kepercayaan kepada kekuatan gaib, keterikatan dengan segala bentuk animisme dan okultisme, karakter-karakter dan emosi yang salah (malas, mentuhankan perasaan, selfpity, pemarah, dendam, kesombongan, kepahitan dsb) merupakan bentuk penyembahan berhala. Penyembahan berhala adalah segala bentuk penyembahan kepada yang bukan Tuhan yang benar.  Hukum atau perintah yang terutama dan pertama buat kita semua adalah mengasihi Tuhan, dengan segenap hati, jiwa dan dengan segenap akal budi. (Mat 22:37). Itu sama dengan perintah pertama pada "Ten Commandment", yaitu bahwa jangan ada ilah (atau berhala) di hadapanNya.
Mari pagi ini kita sadari bahwa kegagalan kita menyembah hanya kepada satu-satunya Tuhan menyebabkan kita jatuh kepada penyembahan berhala. Kiranya menjadi perenungan bagi kita hari ini, siapa yang sebenarnya sedang kita sembah. Think about it friends.

Ketika kita tidak menyembah Tuhan yang benar, maka sebenarnya kita sedang menuju penyembahan (pemuasan) diri sendiri.
@eddychangfgcc

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture