Aaron and Hur supporting Moses arms as Joshua leads Israel in battle against Amalek- Victory of Joshua over the Amalekites, 1626 by Nicolas PoussinMonday, 3 June 2013

#TanganYangTerangkat

Kel 17:11 Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.

Saat orang Israel yang dipimpin oleh Yosua berperang melawab Amalek di Rafidim, dan terjadilah, apabila Musa yang berdiri di puncak bukit mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek. Namun bersyukur ada Harun dan Hur yang mendampingi Musa naik ke atas bukit. Dan saat tangan Musa menjadi penat, mereka mengambil sebuah batu, supaya Musa duduk di atasnya. Lalu Harun dan Hur menopang kedua belah tangan Musa, sehingga tangannya terus terangat sampai matahari terbenam. Dan demikianlah Yosua dan pasukannya mengalahkan Amalek.
Kalau Tuhan percayakan kita sebagai pemimpin, maka kita perlu “Harun” dan “Hur”, yaitu mereka yang dapat mendampingi dan menopang kita supaya tangan kita tetap terangkat, supaya kepemimpinan dan kerohanian tetap terjaga. Dan kalau kita sebagai seorang yang dipimpin, kita perlu menjadi “Harun” dan “Hur” untuk menopang pemimpin yang Tuhan pilih. Ingatlah bahwa kemenangan di atas bukit (doa dan kerohanian) akan menentukan kemenangan di bawah bukit (pelayanan, pekerjaan, hubungan dsb).

Have a blessed Monday!

@eddychangfgcc


Sunday 2 June 2013
#Membedakan #Discern Part 5

Ibr 5:14  Tetapi makanan keras adalah untuk orang-orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.

Kalau ada dua anak kecil yang sedang berantem, maka perlu ada seorang yang cukup dewasa untuk menengahinya. Anak yang masih kecil masih belum bisa membedakan dengan jelas antara yang baik daripada yang jahat. Kalau ada konflik yang cukup berat antara pasangan suami dan istri, maka perlu ada konselor atau penasihat yang bisa memberi saran dan jalan keluar yang diperlukan untuk penyelesaian konflik tersebut. Orang dewasa memiliki pancaindra yang terlatih untuk membedakan yang baik daripada yang jahat. Mari kita bertumbuh semakin dewasa melalui ‘makanan keras’ yaitu latihan iman yang terus-menerus di dalam hidup ini.

@eddychangfgcc

Saturday 1 June 2013
#Membedakan #Discern Part 4

Ibr 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Firman Tuhan adalah juri dan hakim yang paling jujur, tegas, berotoritas untuk kita membuat pertimbangan-pertimbangan sekalipun yang sulit dalam hidup ini. Firman Tuhan memberikan kita prinsip-prinsip yang menolong kita memilih untuk mengambil keputusan yang benar.  Sudahkah kita membaca dan merenungkan Alkitab hari ini? Dan sudahkah kita menjadikan Alkitab sebagai pedoman hidup kita sehari-hari?


Friday 31 May 2013
#Membedakan #Discern Part 3

Rm 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Dari ayat di atas memberi pengertian kepada kita, bahwa akan sangat sulit bagi kita untuk membedakan dan mengetahui kehendak Allah kalau kita tidak berubah dan menjadi dewasa. Kita tidak akan mengerti kehendak Allah kalau kita ‘setuju’ untuk meniru tingkah laku dan kebiasaan dunia ini.

Dalam terjemahan Firman Allah Yang Hidup mengatakan: Jangan meniru tingkah laku dan kebiasaan dunia ini, melainkan jadilah orang dengan kepribadian yang sama sekali baru dalam segala perbuatan dan pikiran, niscaya Saudara akan mengerti dari pengalaman sendiri bahwa jalan-jalan Allah itu sempurna dan sungguh-sungguh memuaskan Saudara.

Kita perlu keluar (transform) dari bentuk dunia ini. Orang yang memiliki pola hidup duniawi tidak mungkin bisa menjadi manusia dengan pola rohani/ilahi. Berubahlah dan bertumbuh dewasa, sehingga kita bisa memiliki pertimbangan-pertimbangan yang benar untuk kehidupan yang berkenan kepadaNya.

@eddychangfgcc

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture