RH: 18 April 2013
Makanan keras (misalnya nasi goreng, steak dll) tidak mudah digigit, keras, harus dikunyah berkali-kali, tidak mudah ditelan. Makanan keras adalah latihan dan proses yang terus-menerus yang menjadi 'makanan' bagi orang dewasa.
Apakah hari-hari ini kita bisa dikatakan seseorang yang CUKUP dewasa? Masih bisa ngunyah dan menelan makanan keras? Pikir-pikirkanlah.

Ibrani 5:14 Tetapi makanan keras adalah untuk orang- orang dewasa, yang karena mempunyai pancaindera yang terlatih untuk membedakan yang baik dari pada yang jahat.


RH: 19 April 2013
Mulai dari pagi kita bangun, sepanjang hari bahkan sampai malam, ada banyak suara yang kita dengar, banyak peristiwa yang kita hadapi, banyak informasi yang kita dapatkan apalagi pengaruh ledakan media di zaman ini. Ada banyak komunikasi, diskusi, perasaan-perasaan yang kita terima, dan sebagainya. Tanpa sadar seringkali kita menjadi kehilangan fokus dan meresponi hal-hal yang kurang penting jadinya.
Kita perlu belajar disiplin pengalihan. Jangan sampai banyak hal yang tidak penting malah mendominasi hidup kita. Kita senantiasa harus kembali kepada fokus yang penting yang perlu kita kerjakan. Kalau bahasa di salah satu acara TV, kita perlu "kembali ke laptop".
Sudahkan kita fokus kepada yang seharusnya, dan memikirkan kepada perkara yang lebih penting, yaitu perkara-perkara di atas. What do you think friends?

Kolose 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.


RH: 20 April 2013
Pagi ini anda sudah sempat bercermin? Bagaimana pandanganmu tentang diri sendiri? Cukup menarik atau kusut? Optimis atau pesimis, semangat atau loyo, berani atau penakut... dsb.

Cara pandang sangat penting, karena itu menentukan perkataan, sikap dan tindakan-tindakan kita.
Belajar dari kegagalan 10 dari 12 pengintai yang diutus Musa untuk mengintai tanah perjanjian yang mempengaruhi bangsa Israel. Tanah Perjanjian itu bicara suatu hidup yang maksimal sekalipun di tengah tantangan dan peperangan yang harus dihadapi. Hanya Yosua dan Kaleb dari 12 pengintai itu yang kemudian masuk Tanah Perjanjian. Yosua dan Kaleb punya cara pandang yang benar tentang Tuhan dan janjiNya, tentang diri sendiri dan juga musuh. Sehatkah cara pandangmu? Pikir-pikirkanlah.

Bil 13:33 Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami. "
Bil 14:30 Bahwasanya kamu ini tidak akan masuk ke negeri yang dengan mengangkat sumpah telah Kujanjikan akan Kuberi kamu diami, kecuali Kaleb bin Yefune dan Yosua bin Nun!


RH: 21 April 2013
Tujuan kita melakukan aktifitas rohani (doa, baca Alkitab, puasa, kebaktian dsb) bukanlah aktifitas itu sendiri. Bukan karena tugas, kewajiban atau rutinitas, namun karena kasih kepada Tuhan.
Tuhan sudah mengasihi kita, mari kita bertumbuh semakin mengasihi Dia. Selamat hari minggu, selamat beribadah, selamat bertumbuh dan berbuah.

Mat 22:37 "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.


RH: 22 April 2013
Kata-kata kita sangat penting, yang menunjukkan iman dan kepercayaan kita.

Mat 17:20 Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang PERCAYA. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar BIJI SESAWI saja kamu dapat BERKATA kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana,-- maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Iman yang perlu kita miliki adalah iman sebiji sesawi, walaupun kecil tetapi hidup! Biji sesawi sangat kecil tetapi mengandung potensi yang besar. Ketika ditanam maka benih itu bertumbuh dan menjadi pohon yang besar. Mari kita mulai lebih mengucapkan kata-kata iman, yaitu pengakuan (confession) yang bersumber dari firman Tuhan, dan alami kehidupan yang berbeda!


RH: 23 April 2013
Kita tinggal di dunia yang begitu egois dan mementingkan diri. Dunia akan semakin kacau ketika setiap orang hanya berpusat pada diri sendiri. Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita bahwa kalau kita mau menjadi besar (become great) dan terkemuka (to be first) hendaklah menjadi pelayan dan hamba. Artinya Yesus mau kita dikenal sebagai seorang hamba yang melayani, seorang yang tidak mementingkan diri sendiri. Kalau kita mau jujur, saat ini kita dikenal sebagai seorang yang seperti apa? Renungkanlah.

Matius 20:26-28
26 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,
27 dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu;
28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang. "


RH: 24 April 2013
Di sekitar kita banyak pahlawan-pahlawan iman. Ketika saya memperhatikan, saya kagum ada anak-anak Tuhan yang begitu luarbiasa. Saat kondisi tubuh mereka sudah merosot (karena usia atau penyakit) mereka tetap berkobar-kobar untuk jadi berkat bagi banyak orang. Mereka tetap mau mengunjungi dan mendoakan orang-orang yang sakit. Mereka tetap bisa memberi dan berbagi kasih walaupun yang mereka miliki tidak banyak. Mereka mengerti bahwa hidup adalah kesempatan untuk melayani. Mereka juga mengerti bahwa 'kekurangan dan keterbatasan' yang dimiliki tidak menghalangi untuk jadi berkat.

Paulus mengatakan dalam 2 Kor 4:16, "Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari".

Selamat menjalani hari rabu, tetap jadi berkat dimana dan kapan saja. Gunakan setiap kesempatan yang Tuhan berikan. Jam kehidupan hanya diputar sekali!


RH: 25 April 2013
Komitmen yang sebenarnya dibuktikan oleh ujian waktu. Tuhan menguji kita lewat berbagai ‘penundaan’. Sayangnya banyak anak-anak Tuhan yang tidak sabar, padahal ada berkat yang besar bagi mereka yang bertekun. Mereka yang memiliki komitmen yang dangkal akan mudah menyerah dan meninggalkan perjuangan iman. Hanya mereka yang memiliki komitmen dan kedalaman dengan Tuhan akan setia sampai akhir dan menuai berkat-berkat rohani yang Tuhan sediakan. Ada banyak harta sebenarnya (real treasure) yang Tuhan sediakan bagi kita yang setia. What do you think friends?

Amsal 20:21 Harta yang mula-mula diperoleh dengan cepat, akhirnya ternyata bukan berkat. (bis)

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture