Wednesday - July 31, 2013 #ImanYangbenar

Kita seringkali mendengar tentang iman & kita pikir bahwa kita sudah tahu tentang iman. Namun apakah kita sudah mempraktekkan iman yang benar? Alkitab mengajarkan bahwa kita perlu memiliki iman yang mengalahkan dunia (Faith that conquers the world). Setiap kita memiliki ‘dunia’ untuk kita ‘menangkan’; dunia keluargamu, dunia pekerjaanmu, dunia pertemananmu, dunia pelayananmu dsb. Percayalah bahwa bersama Yesus kita sanggup menghadapi tantangan di ‘dunia’ kita masing-masing. Kiranya Tuhan menolong kita.

I Yoh 5:4 Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. 5 Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?

You will always live to the LEVEL of your FAITH (~Ed Cole)


Tuesday - July 30, 2013 #UjungnyaDimana

Amsal 14:12 Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.

Selalu ada 2 pilihan jalan hidup. Hati-hati supaya kita jangan terjebak, terpesona, terbuai atau terlena dengan jalan hidup yang keliatannya enak, populer, nyaman, nikmat yang ditawarkan dunia ini. Ada banyak tipuan2 yang iblis tabur di dunia ini utk melakukan penyesatan yang semakin nyata di akhir zaman ini. Pastikan kita mau taat mengikuti jalan Tuhan, walaupun penuh liku dan tantangan serta perjuangan, namun ujungnya penuh kemuliaan dan kehidupan kekal. Perhatikan ujungnya!


Monday - July 29, 2013 #BerpikirPanjang

Salah satu ciri manusia akhir zaman adalah bahwa mereka tidak berpikir panjang dan lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. (2 Tim 3:4).

Salah satu mentor saya pernah mengajarkan, bahwa "BERPIKIR PANJANG" itu adalah kalau kita  menarik sebuah garis panjang berpatokan kepada cara hidup kita seperti sekarang ini, maka di ujung garis yang satu lagi, kira2 jadi apa hidup kita nanti ke depan (1 tahun, 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun ke depan dst).

Bagaimana kita menjalankan hidup kita sekarang: Rajin atau malas? Semangat atau loyo? Rohani atau duniawi? Mengikuti hawa nafsu atau kehendak Tuhan? Egois atau berbagi? dsb..dsb. Kira-kira jadi seperti apa hidup kita nanti. Pikir-pikirkanlah.



Sunday, 28 July 2013 #Kesungguhan

1 Tes 4:1 Akhirnya, saudara-saudara, kami minta dan nasihatkan kamu dalam Tuhan Yesus: Kamu telah mendengar dari kami bagaimana kamu harus hidup supaya berkenan kepada Allah. Hal itu memang telah kamu turuti, tetapi baiklah kamu melakukannya lebih bersungguh-sungguh lagi.

Paulus memuji jemaat di Tesalonika karena mereka telah menuruti cara hidup yang berkenan kepada Allah. Namun Paulus menasihati supaya mereka melakukannya lebih bersungguh-sungguh lagi. Bersungguh-sungguh adalah sebuah kata yang sangat bagus. Sungguh-sungguh bekerja artinya serius, fokus, lebih menaruh hati lebih lagi. Menurutmu apakah engkau perlu lebih bersungguh-sungguh lagi, apakah itu dalam hal pelayanan, sekolah, doa, menyembah Tuhan, membangun hubungan-hubungan, dalam mengerjakan visi dan impian Tuhan dan berbagai hal-hal baik lainnya? Kiranya Tuhan menolong kita.


Saturday, 27 July 2013 #TakutAkanTuhan

Mazmur 112:1 Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. 112:2 Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati. 112:3 Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap untuk selamanya. 112:4 Di dalam gelap terbit terang bagi orang benar; pengasih dan penyayang orang yang adil.

Saya sudah menyaksikan banyak contoh, bahwa ketika orang tua hidup dalam takut akan Tuhan, maka berkat-berkat luarbiasa dari kehidupan yang demikian akan dirasakan dan dinikmati oleh anak2 dan cucu2nya. Jadilah orang tua yang baik dan takut akan Tuhan. Dan bagi yang belum menikah, persiapkan dirimu, tingkatkan kualitas hidupmu, sehingga nanti kedepannya akan menghasilkan generasi yang lebih baik, lebih sehat, lebih kuat. Peran orang tua memang bukan segalanya, tetapi sangat penting.


Friday, 26 July 2013

Segala jalan TUHAN adalah kasih setia dan kebenaran bagi orang yang berpegang pada perjanjian-Nya dan peringatan-peringatan-Nya (Maz 25:10).

Cara pandang dan cara berpikir kita menentukan sikap dan prilaku kita. Bagaimana cara pandang dan cara pikir kita tentang Tuhan menentukan kepercayaan dan ketaatan kita kepadaNya.

Setiap ketentuan yang Tuhan berikan bukan membuat kita tidak bebas, tetapi justru untuk menjaga kebebasan kita melakukan apa yang seharusnya sebagai seorang yang sudah dimerdekakan. PerintahNya adalah untuk menjaga kita dari hal-hal yang jahat. Orang tua yang baik tidak akan memanjakan dan membiarkan anak-anaknya untuk berbuat tanpa aturan. Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki hukum-hukum yang solid. Tuhan adalah pribadi yang mengasihi kita, jadi apapun yang Dia berikan, termasuk semua ketentuan-ketentuanNya itu baik dan berguna bagi kita, serta supaya hidup kita maksimal, bersinar dan mekar!


Thurday, 25 July 2013 #ApabilaSudahTumbuh

Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi apabila sudah tumbuh, sesawi itu lebih besar dari pada sayuran yang lain, bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya (Mat13:32). 

Jangan pernah meremehkan biji sesawi yang hanya berdiameter 1 mm lebih. APABILA SUDAH TUMBUH maka akan menjadi tanaman yang sangat besar di ladang. 

Allah tidak dibatasi oleh ukuran dan segala keterbatasan sumber daya dan kualifikasi kita. Kehidupan kita dan apa yang Tuhan percayakan di tangan kita mungkin sepertinya kecil dan tidak berarti, namun Tuhan bisa memakai setiap kita untuk jadi berkat, asal kita bersedia untuk ditanam, diproses dan terus bertumbuh dalam rencanaNya. Kiranya Tuhan menolong kita.


Wednesday, 24 July 2013

Yes 40:8 Rumput menjadi kering, bunga menjadi layu, tetapi firman Allah kita tetap untuk selama- lamanya."

Seseorang bisa dinilai dari kata-katanya. Apakah kata-katanya membangun dan dapat dipercaya. Kata-kata seseorang menunjukkan karakternya, menunjukkan apa yang ada dalam dirinya. Dari seorang pendusta akan lahir kata-kata dusta. Dari seorang gombal, akan lahir kata-kata gombal.

FirmanNya adalah perkataan Allah sendiri. Allah adalah pribadi yang sempurna dan dapat dipercaya. Dia tidak akan sembarangan dalam berkata-kata. Kata-kataNya dapat dipegang, dapat dipercaya. Tidak ada yang kekal di dunia ini, rumput menjadi kering, bunga menjadi layu. FirmanNya tetap untuk selama-lamanya.  FirmanNya ya dan amin!


Tuesday, 23 July 2013 #Lapuk

Pernahkah kita membeli atau mungkin dikasih orang lain barang2 seperti tas, dompet, atau belt yang mahal terutama dari kulit. Benda-benda tersebut kemudian kita simpan. Dan tanpa kita sadari barang-barang tersebut tersimpan begitu lama tanpa pernah digunakan. Barang2 yang mahal tersebut menjadi lapuk dan rusak, tidak bisa digunakan lagi dan akhirnya harus dibuang!
Saya tidak mau hidup saya menjadi lapuk, rusak dan dibuang. Bagaimana dengan anda? Kiranya Tuhan menolong kita.

Yer 13:7 Maka pergilah aku ke sungai Efrat, lalu aku menggali dan mengambil ikat pinggang itu dari tempat aku menyembunyikannya, tetapi ternyata ikat pinggang itu sudah lapuk, tidak berguna untuk apapun.


Monday, 22 July 2013

Kuda tetap menjadi liar sebelum ditaklukkan dan dikasih dengan pelana. Air terjun dapat menjadi pembangkit tenaga listrik setelah dikasih kumparan. Kehidupan kita akan berguna setelah berani mengambil tanggungjawab. Kiranya Tuhan menolong kita.

Adalah baik bagi seorang pria memikul kuk pada masa mudanya. (Ratapan 3:27)

Baiklah kita belajar menjadi tabah pada waktu masih muda. (BIS)

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture