Tuesday, 16 July 2013

Sahut Esau: “Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?" (Kej 25:32).

Esau bertindak terburu-buru dan dikuasai nafsu, panik dan nekat. Kita perlu menguasai diri, supaya tidak bertindak ceroboh dalam situasi-situasi tertentu. Berhati-hati untuk tidak segera mengambil keputusan. Sebaliknya, berusaha menemukan pendapat terutama dari orang yang bersikap kritis terhadap kehidupan kita, orang-orang yang tidak segan menegur kita.
Masukan mereka akan sangat menolong kita untuk bisa melihat gambaran lebih luas, untuk bisa melihat aspek-aspek yang sebelumnya tidak bisa kita lihat. Dengan perspektif yang lebih luas maka kita dapat mengambil keputusan yang lebih bijaksana. Esau kehilangan hak kesulungannya karena bertindak terburu-buru dan tidak bisa menahan nafsunya. Kiranya Tuhan menolong kita.


Monday, 15 July 2013

Kolose 3:10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

Saya ga pernah lupa kejadian beberapa tahun lalu, di mana ada seorang teman yang kasih tahu saya cerita yang lucu sekaligus menyedihkan. Ada seorg staff yang melakukan kesalahan cukup fatal. Staff yang 'polos' ini disuruh mengisi bensin mobil van kantor. Dan tanpa disadari, karyawan ini mengisi tangki van yang seharusnya menggunakan bahan bakar bensin ini dengan solar!!
Dan karyawan ini pada awalnya bangga dan berkata, "wah, ternyata dengan uang segini, banyak juga ya 'bensin' yang diisi" (waktu itu harga solar masih murah). Dan kemudian karyawan ini mengendarai van tersebut. Dan kita bisa tebak apa yang terjadi kemudian. Van itu mogok! Dan harus diperbaiki di bengkel! Cerita yang lucu namun menyedihkan. Hidup kita ini seharusnya diisi 'bensin' atau 'solar'? Hidup yang baru ini hanya cocok diisi dengan kehidupan yang benar, kudus, dan mengerjakan panggilanNya.


Sunday, 14 July 2013

Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya (Mat 6:11).

Kita perlu berwaspada dengan jebakan perilaku konsumtif. Iklan & promosi terus mencoba meyakinkan kita bahwa hidup belumlah lengkap sebelum membeli produk mereka. Banyak orang begitu boros dan tidak sedikit yang berhutang demi mendapat lebih banyak. Terkadang juga doa dipakai untuk 'memaksa' Tuhan memenuhi daftar belanja.  Masalah kebanyakan orang bukanlah memiliki terlalu sedikit melainkan berharap terlalu banyak. Kiranya Tuhan menolong kita.


Saturday, 13 July 2013
Pelajaran mengenai kerendahan hati dan kepemimpinan sejati dapat kita peroleh dari kisah hidup Nelson Mandela. Seorang pemimpin besar Afrika Selatan, yang membawa bangsanya dari negara yang rasialis, menjadi negara yang demokratis dan merdeka.  Dalam sebuah acara talk show di TV, Nelson Mandela menceritakan bahwa selama penderitaan 27 tahun dalam penjara pemerintah Apartheid, justru melahirkan perubahan dalam dirinya. Dia mengalami perubahan karakter. Sehingga dia menjadi manusia yang rendah hati dan mau memaafkan mereka yang telah membuatnya menderita selama bertahun-tahun.

Matius 23:12 Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.


Friday, 12 July 2013 #Heart

Ada jalanan beraspal yang cukup mulus dekat rumah saya. Namun sayangnya ada bagian dari jalan yang  mengalami kerusakan. Karena ada pipa air yang ditanam dalam tanah sedang bermasalah / bocor. Sudah beberapa kali diperbaiki dan diaspal kembali dengan bagus. Namun tidak lama kemudian mulai rusak lagi dan ada air yang tergenang disitu yang berasal dari kebocoran pipa di dalamnya. Sama seperti jalanan yang rusak tsb yang disebabkan ada bagian dalamnya yang bocor. Demikian juga ada banyak manusia yang mencoba menutupi kehidupan dalamnya yang 'rusak/bocor' melalui penampilan / personality-nya. Namun suatu saat pasti akan terbongkar yaitu ketika kerusakan2 mulai terlihat karena ada bagian dalam yang bermasalah. Manusia sering mencoba terlihat baik melalui penampilannya, namun Tuhan yang paling tahu kondisi hati seseorang. Kiranya Tuhan menolong kita dalam membereskan hati kita.

Amsal 16:2 Segala jalan orang adalah bersih menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati.


Thu, 11 Jul'13 #Faith
Bahan dasar buku adalah kertas. Bahan dasar ban adalah karet. Bahan dasar kue adalah terigu. Bahan dasar visi adalah iman. Bahan dasar iman adalah FirmanNya.

Roma 10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.
Then faith is of hearing, and hearing by the Word of God. (NKJV).

Tanpa iman, kita tidak bisa melakukan apa-apa. Kita perlu iman, kita perlu FirmanNya.

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture