FRESH Values


FGCC - FRESH VALUES

Kita di FGCC sedang terus membangun CULTURE (budaya, nilai-nilai) yang kita rindukan bersama. Ada CULTURE masa lalu yang mungkin kurang baik yang perlu terus dikikis, dan kita bersama perlu dengan konsisten membangun culture yang baru yang kita rindukan untuk kita hidupi. Culture atau disebut juga beliefs, behaviors atau values, ada yang bersifat GENERAL, yaitu nilai-nilai Firman Tuhan yang kita terima dengan sepenuh hati dan berada di atas setiap nilai-nilai khusus yang dimiliki setiap orang atau setiap gereja. Ada nilai-nilai yang bersifat khusus (SPECIFIC) yang dimiliki oleh FGCC yang menjadikan FGCC sebagai gereja yang unik. FGCC memiliki F.R.E.S.H values. Nilai-nilai yang dimiliki ini menjadi budaya, gaya hidup atau guiding principle dalam kehidupan dan pelayanan bersama di FGCC. Dan nilai-nilai ini juga mensupport pencapaian visi FGCC yaitu To Build Passionate and Productive Discipleship To Bless The Nations. Berikut beberapa penjelasan tentang FRESH values secara sederhana.

FELLOWSHIP
“We are FGCC” and “I am one of them”.
Nilai-nilai ini menekankan bahwa kita semua adalah bagian dari FGCC yang tidak terpisahkan. Keberhasilan sebuah pelayanan merupakan keberhasilan bersama. Kegagalan sebuah pelayanan merupakan kegagalan bersama. Saling ada untuk bisa saling support, saling membangun, saling bekerjasama bergandengan tangan. Kita ada untuk saling melengkapi, bukan saling berkompetisi (don’t compete with each other, but complete with each other). Kita bisa bersatu untuk mencapai tujuan yang sama. One heart, one goal. Di FGCC kita juga sangat menekankan untuk setiap orang berada dalam komunitas kecil (komsel / FreshCom). FreshCom merupakan salah satu sarana terpenting untuk seseorang memiliki keluarga rohani, ada suasana yang fun, dan kehidupannya lebih dikenal dan mendapat kesempatan untuk mengalami pembentukan, pendewasaan dan berbagai pelatihan untuk pengembangan talenta, karunia, skill, karakter, leadership dsb. Melalui FreshCom kita bisa memiliki 3 hal ini: FAMILY, FUN and FED.
Ref: Ef 2:19, Ef 4:32, Ibr 10:24-25 , Ams 27:17 , Kol 3:13 , 1 Yoh 1:7

RELEVANCE
“Build bridges not walls”
“Be flexible but never compromise the truth”
Untuk menjangkau target audience tertentu kita perlu untuk membangun jembatan, membangun hubungan, bukan membangun tembok. Dan untuk menjangkau generasi ini kita perlu menggunakan bahasa dan cara-cara yang nyambung, creative dan flexible namun tidak mengkompromikan kebenaran. Setia dengan Text, namun relevan dengan context.
Ref:1 Kor 9:19-23, Luk 15, Mrk 2:17, Mrk 10:14

EXCELLENCE
“Go the extra mile”
“Continues Improvement”
Semakin memperkuat apa yang sudah ada (strengthen the core) dan juga terus berani keluar dari zona nyaman dan melakukan yang lebih (expand the core). Juga menunjukkan semangat untuk belajar dan mengalami kemajuan.
Ref: 1 Tim 4:15, Mzm 115:14, Ams 22:29, Ams 6:6-11, Ams 30:24-25, Ams 30:28

SIMPLICITY
“Start where we are, use what we have, do what we can”
“Keep it simple and sweet”
Mulai dari apa yang kita miliki. Syukuri dan maksimalkan apa yang ada. Dan semuanya simple, tidak rumit (complicated), tidak ribet.
Ref: Matius 25:14-30, Luk 2:7, 1 Sam 17:38-40, Maz 78:70-72, Markus 6:34-38, 1 Pet 4:11, Zak 4:10a.

HUMILITY
“All by His grace”
“I am here to serve”.
Kita ada hari ini, semua karena anugerahNya. Dan setiap kesempatan dan kepercayaan yang Tuhan berikan itu sangat mahal. Jangan pernah disia-siakan. Ingat bahwa dengan ada atau tanpa kita pekerjaan Tuhan akan tetap jalan. Miliki sikap dan mental seorang pelayan yang tidak mementingkan diri sendiri (selflessness), tetapi bagaimana supaya memberikan service yang terbaik untuk mereka yang dilayani. Betapa luarbiasa hasil yang dicapai bersama-sama kalau setiap orang menjadi seorang pelayan atau hamba yang produktif. “High profit and low maintenance”.
Ref: Yakobus 4:6, 1 Petrus 5:5, Matius 23:12, Amsal 18:12, 1 Tawarikh 29:11-12, Matius 7:21-23,  Bilangan 12:3, Ayub 1:20-22, Kejadian 45:4-8.

Demikian penjelasan FRESH values ini. Tentunya dalam prakteknya akan terus mengalami pengembangan dan penyempurnaan. Dan tidak satupun dari kita yang sempurna, kita mungkin bagus di area tertentu, tetapi lemah di area lainnya. Untuk itulah kita saling belajar, saling mengingatkan, supaya kita semua semakin bertumbuh semakin hari semakin baik dan semakin serupa Kristus.

Penjelasan LOGO FGCC:
* The characters of "fg" stands for Fresh Generation
* It represents the Alpha and Omega. Jesus Christ is the Beginning and the End, He who begins and He who will end. He is the head of the Church, and everyone shall grow in Christ-likeness.

*Tulisan ‘fg’ singkatan dari Fresh Generation.
*Lambang Alpha dan Omega. Yesus Kristus adalah yang awal dan akhir, Dia yang memulai dan mengakhirinya. Dia adalah kepala gereja, dan setiap orang perlu terus bertumbuh semakin serupa Yesus Kristus. (Fil 1:6, Wahyu 1:8; 21:6; 22:13, Matius 28:19-20, Ef 4:15, Kolose 1:28-29)


By Ps.Eddy Chang (29 May 2018, 9.23AM)

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture