FRESH Values
FGCC - FRESH
VALUES
Kita di FGCC sedang terus membangun CULTURE (budaya,
nilai-nilai) yang kita rindukan bersama. Ada CULTURE masa lalu yang mungkin kurang
baik yang perlu terus dikikis, dan kita bersama perlu dengan konsisten
membangun culture yang baru yang kita rindukan untuk kita hidupi. Culture atau
disebut juga beliefs, behaviors atau values, ada yang bersifat GENERAL, yaitu
nilai-nilai Firman Tuhan yang kita terima dengan sepenuh hati dan berada di
atas setiap nilai-nilai khusus yang dimiliki setiap orang atau setiap gereja.
Ada nilai-nilai yang bersifat khusus (SPECIFIC) yang dimiliki oleh FGCC yang
menjadikan FGCC sebagai gereja yang unik. FGCC memiliki F.R.E.S.H values. Nilai-nilai
yang dimiliki ini menjadi budaya, gaya hidup atau guiding principle dalam kehidupan
dan pelayanan bersama di FGCC. Dan nilai-nilai ini juga mensupport pencapaian
visi FGCC yaitu To Build Passionate and Productive Discipleship To Bless The
Nations. Berikut beberapa
penjelasan tentang FRESH values secara sederhana.
FELLOWSHIP
“We are FGCC” and
“I am one of them”.
Nilai-nilai ini menekankan bahwa kita semua
adalah bagian dari FGCC yang tidak terpisahkan. Keberhasilan sebuah pelayanan
merupakan keberhasilan bersama. Kegagalan sebuah pelayanan merupakan kegagalan
bersama. Saling ada untuk bisa saling support, saling membangun, saling
bekerjasama bergandengan tangan. Kita ada untuk saling melengkapi, bukan saling
berkompetisi (don’t compete with each other, but complete with each other).
Kita bisa bersatu untuk mencapai tujuan yang sama. One heart, one goal. Di FGCC
kita juga sangat menekankan untuk setiap orang berada dalam komunitas kecil
(komsel / FreshCom). FreshCom merupakan salah satu sarana terpenting untuk
seseorang memiliki keluarga rohani, ada suasana yang fun, dan kehidupannya
lebih dikenal dan mendapat kesempatan untuk mengalami pembentukan, pendewasaan
dan berbagai pelatihan untuk pengembangan talenta, karunia, skill, karakter,
leadership dsb. Melalui FreshCom kita bisa memiliki 3 hal ini: FAMILY, FUN and
FED.
Ref: Ef 2:19, Ef 4:32, Ibr
10:24-25 , Ams 27:17 , Kol 3:13 , 1 Yoh 1:7
RELEVANCE
“Build bridges not
walls”
“Be flexible but
never compromise the truth”
Untuk menjangkau target audience tertentu
kita perlu untuk membangun jembatan, membangun hubungan, bukan membangun
tembok. Dan untuk menjangkau generasi ini kita perlu menggunakan bahasa dan
cara-cara yang nyambung, creative dan flexible namun tidak mengkompromikan
kebenaran. Setia dengan Text, namun relevan dengan context.
Ref:1 Kor 9:19-23, Luk
15, Mrk 2:17, Mrk 10:14
EXCELLENCE
“Go the extra mile”
“Continues
Improvement”
Semakin memperkuat apa yang sudah ada
(strengthen the core) dan juga terus berani keluar dari zona nyaman dan melakukan
yang lebih (expand the core). Juga
menunjukkan semangat untuk belajar dan mengalami kemajuan.
Ref: 1 Tim 4:15, Mzm
115:14, Ams 22:29, Ams 6:6-11, Ams 30:24-25, Ams 30:28
SIMPLICITY
“Start where we
are, use what we have, do what we can”
“Keep it simple and
sweet”
Mulai dari apa yang
kita miliki. Syukuri dan maksimalkan apa yang ada. Dan semuanya simple, tidak
rumit (complicated), tidak ribet.
Ref: Matius
25:14-30, Luk 2:7, 1 Sam 17:38-40, Maz 78:70-72, Markus 6:34-38, 1 Pet 4:11, Zak 4:10a.
HUMILITY
“All by His grace”
“I am here to
serve”.
Kita ada hari ini, semua karena anugerahNya.
Dan setiap kesempatan dan kepercayaan yang Tuhan berikan itu sangat mahal.
Jangan pernah disia-siakan. Ingat bahwa dengan ada atau tanpa
kita pekerjaan Tuhan akan tetap jalan. Miliki sikap dan mental seorang pelayan yang tidak mementingkan diri sendiri (selflessness),
tetapi bagaimana supaya memberikan service yang terbaik untuk mereka yang dilayani.
Betapa luarbiasa hasil yang dicapai bersama-sama kalau setiap orang menjadi
seorang pelayan atau hamba yang produktif. “High profit and low maintenance”.
Ref: Yakobus 4:6, 1
Petrus 5:5, Matius 23:12, Amsal 18:12, 1 Tawarikh 29:11-12, Matius 7:21-23, Bilangan 12:3, Ayub 1:20-22, Kejadian 45:4-8.
Demikian penjelasan
FRESH values ini. Tentunya dalam prakteknya akan terus mengalami pengembangan
dan penyempurnaan. Dan tidak satupun dari kita yang sempurna, kita mungkin bagus
di area tertentu, tetapi lemah di area lainnya. Untuk itulah kita saling
belajar, saling mengingatkan, supaya kita semua semakin bertumbuh semakin hari semakin
baik dan semakin serupa Kristus.
Penjelasan LOGO FGCC:
* The characters of
"fg" stands for Fresh Generation
* It represents the
Alpha and Omega. Jesus Christ is the Beginning and the End, He who begins and
He who will end. He is the head of the Church, and everyone shall grow in Christ-likeness.
*Tulisan ‘fg’ singkatan
dari Fresh Generation.
*Lambang Alpha dan
Omega. Yesus Kristus adalah yang awal dan akhir, Dia yang memulai dan
mengakhirinya. Dia adalah kepala gereja, dan setiap orang perlu terus bertumbuh
semakin serupa Yesus Kristus. (Fil 1:6, Wahyu 1:8; 21:6; 22:13, Matius 28:19-20, Ef 4:15, Kolose
1:28-29)
By Ps.Eddy Chang (29 May 2018, 9.23AM)
Comments
Post a Comment