Sat, Aug 24’13 #TawarHati

1 Samuel 17:32  Berkatalah Daud kepada Saul: "Janganlah seseorang menjadi TAWAR HATI karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu."

Ketika bangsa Israel ditantang oleh Goliat, maka tidak ada seorangpun di antara orang Israel yang berani melawannya. Namun Daud begitu percaya diri menghadapi sang raksasa, bandingkan dengan para tentara Israel yang berisi orang-orang terlatih dan berpengalaman. Daud seorang anak yang di keluarganya saja tidak diperhitungkan, dan hanya menggembalakan ternak ayahnya, tapi berani menasihati raja. Daud berani karena ia tahu jika Tuhan bersamanya, maka ia tidak perlu tawar hati terhadap apapun. Ini adalah sikap iman yang ternyata mampu memberi hasil yang luarbiasa, jauh melebihi segala kelengkapan, pengalaman, dan hal-hal lain yang menurut kita layak untuk dibanggakan. Dalam menghadapi beban masalah besar, yang perlu kita jaga adalah jangan sampai kita tawar hati. Ingat bahwa HATI adalah SUMBER. Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu." (Amsal 24:10). Kiranya Tuhan menolong kita.


Fri, Aug 23’13 #TempatPalingAman

Tidak ada tempat yang paling aman di dunia ini selain di dalam perlindunganNya. So, pilihan terbaik adalah selalu hidup dalam kehendak dan rencanaNya. Amin!

“Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: “Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.” Mazmur 91:1-2


Thu, Aug 22’13 #KehendakNya

Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu (Yak 4:15)

Alkitab memberikan gambaran tentang kehidupan manusia yang singkat. Seperti suatu giliran jaga malam, seperti mimpi, seperti bunga dan rumput, seperti angin, bayangan, seperti uap!  (Mazmur 90:4-5; 103:15; 144:4).

Yakobus menasihatkan kita yang penuh keterbatasan dan kelemahan ini agar tidak melakukan kehendak sendiri, tetapi melakukan apa yang dikehendakiNya. Ini merupakan bentuk penundukan diri kepada kedaulatan Tuhan, dan mengakui bahwa Tuhan adalah pemegang kendali. Dan untuk mengetahui kehendakNya, kita bisa dapatkan melalui tuntunan Alkitab serta kedekatan denganNya.


Wed, Aug 21’13 #CeritaTentangDia

Masih banyak lagi hal-hal lain yang diperbuat oleh Yesus, tetapi jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, kupikir dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu. (Yohanes 21:25).

Yohanes menuliskan tentang perjalanan pelayanan Yesus di dunia. Yohanes adalah murid yang dikasihi Yesus, telah mengalami hal-hal yang luarbiasa bersama Yesus. Namun Yohanes menyadari bahwa tulisannya itu hanyalah catatan singkat atas pelayanan Yesus. Ketika Yohanes berkata bahwa “jikalau semuanya itu harus dituliskan satu per satu, kupikir dunia ini tidak dapat memuat semua kitab yang harus ditulis itu”. Ini adalah sebuah pernyataan yang luarbiasa dan bentuk pujian yang begitu indah akan perbuatan-Nya.
Dunia ini tidak dapat menampung kisah tentang Yesus, maka teruslah menceritakannya sepanjang usia.


Tues, Aug 20’13 #TawarHati

Amsal 24:10 Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.

Ada banyak hal-hal yang tidak terduga bisa terjadi di dalam hidup kita, dan kalau kita tidak berhati-hati, itu semua menyebabkan kita bisa mengalami ketawaran hati. Pada saat seseorang mengalami ketawaran di dalam hatinya, maka kecillah kekuatannya. Ketika kekuatan kecil, maka kita tidak sanggup memikul beban yang besar. Ketawaran hati terjadi ketika kita memilih untuk taat dan tunduk kepada perasaan atau keadaan kita. Itulah sebabnya kita perlu menerima Firman Tuhan yang sanggup memperbaharui pikiran kita. Ketika pikiran kita berubah, maka respon dan gaya hidup kita berubah.


Monday, Aug 19'13 #GoodNews

Betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan pembawa berita, yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik, yang mengabarkan berita selamat (Yes 52:7). 

Pada umumnya berita-berita yang bertebaran di sekitar kita adalah berita-berita yang sangat negatif dan meruntuhkan semangat. Namun sebenarnya setiap orang rindu mendengar berita positif dan membangun. Dan kiranya dunia tidak perlu jauh-jauh mencarinya, kita bisa menjadi alatNya untuk menyampaikan kabar baik, kata-kata yang memotivasi, kata-kata yang memberikan pengharapan. Kiranya Tuhan menolong kita.


Sun, Aug 18’13 #Garam&Terang

Banyak dari anak-anak Tuhan di masa sekarang cenderung bersikap apatis (acuh tak acuh; tidak peduli; masa bodoh) terhadap dinamika masyarakat dan persoalan bangsa, bahkan banyak yang begitu terbuai dan tenggelam dalam dunia ’rohani’. Mereka paling-paling hanya bisa berkomentar tentang keadaan bangsa, itupun sering dengan nada negatif dan pesimis. Kita dipanggil menjadi garam dan terang dunia, yaitu menyadari bahwa kita punya pengaruh di dunia kita masing-masing sesuai dengan panggilan Tuhan; apakah itu dunia bisnis, media, pendidikan, sosial, apakah itu dunia politik dsb. Di ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 68 ini, mari kita anak-anak Tuhan mengambil peran lebih lagi demi transformasi bangsa ke arah yang lebih baik lagi. Tuhan memberkati dan menyertai kita semua.

Matius 5: 13 "Kamu adalah GARAM DUNIA. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. 14  Kamu adalah TERANG DUNIA. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.


Sat, Aug 17'2013. #MiskinJadiKaya

Tuhan bisa memakai orang 'miskin', yaitu mereka yang tidak diperhitungkan, yang merasa tidak punya kemampuan dan kekuatan apa-apa. Namun di tangan Tuhan, Dia bisa jadikan indah,  mulia dan mendatangkan pengaruh besar bagi dunia. Jangan pernah menganggap diri kita rendah, dan jangan  memandang sesama kita dengan pandangan yang merendahkan. Tuhan tidak nelihat masa lalu kita, namun bisa jadi apa kita di tanganNya. Yang 'miskin' bisa Tuhan jadikan 'kaya'.

Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia? (Yak 2:5).

Have a blessed Saturday!
Blessed Indonesian Independence Day! Merdeka!!
@eddychangfgcc

Friday, Aug 16’2013 #NewBeginning

Kehidupan Petrus adalah salah satu dari sekian banyak contoh bagaimana Tuhan mau selalu memakai siapa saja. Sekalipun Petrus berkali-kali gagal dan jatuh bahkan sempat menyangkal Yesus, namun Tuhan Yesus datang untuk mengangkat kehidupan Petrus. Selalu ada permulaan baru di dalam Kristus. Dan kita bisa melihat kemudian bagaimana kehidupan Petrus yang pulih dan bangkit, dan ketika dia berdiri pada hari Pentakosta, berkhotbah, ada 3000 orang bertobat dan dibabtis. Di dalam Kristus selalu ada PERMULAAN BARU. What do you think friends?


Tetapi Aku telah berdoa untuk engkau, supaya imanmu jangan gugur. Dan engkau, jikalau engkau sudah insaf, kuatkanlah saudara-saudaramu." (Luk 22:32)

Comments

Popular posts from this blog

FAST21 - PUASA DANIEL

GOOD SOIL LEADERSHIP - APOS Culture